number phone 0852 39 300 460

Kamis, 14 Maret 2013

Sosok Para Menteri Keuangan RI 1945 s/d 1988



Sejak Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia telah 23 kali berganti Menteri Keuangan. Dalam masa perjuangan, yaitu sejak Proklamasi sampai dengan akhir masa pemerintahan RIS atau selama 5 tahun 17 hari, Negara Indonesia mengalami pergantian menteri Keuangan.
Menteri keuangan yang pertama adalah Dr. Samsi Sastrowidagdo, yang menjabat hanya 2 minggu dan digantikan oleh Mr. A. A. Maramis, ketika dibentuk Kabinet Republik Indonesia pertama , 2 September 1945.
Pergantian sistem pemerintahan dari sistem presidensial menjadi sistem parlementer berdasarkan maklumat wakil presiden No X tanggal 16 Oktober 1945, melahirkan kabinet Sjahrir. Perdana Menteri Sutan Sjahrir menunjuk Mr. Soenarjo Kolopaking untuk memimpin Kementerian Keuangan. Karena menolak, pada 5 Desember 1945, penggantinya ditetapkan Ir. Soerachman Tjokroadisoerjo yang pada masa kabinet Presidensial duduk sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet Sjahrir II, yang ternyata tidak panjang umurnya.
                Kabinet Sjahrir III berakhir pada 26 Juli 1947. Sesudah itu, dibentuk kabinet Amir Sjarifuddin I, dan dilanjutkan dengan kabinet Amir Sjarifuddin II. Dalam dua periode tersebut, Kementerian Keuangan dipimpin oleh Mr. A. A. Maramis, yaitu mulai 3 Juli 1947 s/d 29 Januari 1948. Dalam cabinet berikutnya, Kabinet Hatta I, Mr. A. A. Maramis duduk lagi sebagai Menteri keuangan.
Pada waktu Yogyakarta tangggal 19 Desember 1948 diduduki oleh Belanda, Presiden membentuk Pemerintahan Darurat republic Indonesia di Sumatra. Mr. Lukman Hakim, di tunjuk sebagai Menteri Keuangan. Sesudah itu Mr. Lukman Hakim memimpin kembali Kementerian Keuangan dalam Kabinet Hatta II, ia digantikan oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara pada waktu dibentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).
Gonta-ganti Menteri Keuangan tersebut baru berakhir setelah Negara Indonesia kembali ke sistem presiensial pada tahun 1959 Menteri Keuangan berganti 9 kali yang berarti setiap Menteri Keuangan hanya menjabat rata-rata 1 tahun.
Setelah Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959 sampai akhir pemerintah Orde Lama Menteri Keuangan sempat berganti 3 kali.
                Dengan lahirnya Orde Baru pada tahun 1966 dimulai babak baru sistem pemerintahan dan dilaksanakan pembangunan secara berencana dan bertahap. Berturut-turut menjabat Menteri Keuangan adalah Frans Seda,  Ali Wardana, Radius Prawiro dan Sumarlin.
Ali Wardhana terkenal sebagai Menteri keuangan terlama yaitu menjabat selama 15 tahun dan Sumarlin memperoleh gelar sebagai menteri Keuangan terbaik dari majalah ekonomi Euro-money.



Silakan kritik dan saran tuk melengkapi artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sonde apa2 bosong coment sa......